. Asoka (300 – 232 SM) | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Monday, December 26, 2011

Asoka (300 – 232 SM)

Raja terpenting dalm sejarh India adalah Asoka penguasa ketiga dari dinasti Maurya. Dia lahir sekitar 300 SM dan naik tahta tahun 273 SM. Awalnya dia mengikuti jejak buyutnya berusaha meluaskan wilayah kekuasaannya. Pada tahu ke* dia sukses di Kalinga Negara di pantai Timur India (Orissa sekarang)tapi dia merasa tertekan karena banyaknya pasukannya yang meninggal sehingga dia menghentikan pepearangannya menaklukkan India dan menjauhkan diri dari perbuatan agresif, dia menjadi pemeluk Budha da menerima filosofisnya mencoba mempraktekkan nilai-nilai “Dharma yang mengandung suruhan menjalankan kebenaran, kebajikan dan ketidakagresifan.

Buat pribadinya sendiri dia menghentikan berburu dan menjadi vegetarian, dia mendirikan rumah-rumah sakit, tempat-tempat peribadatan, mengeluarkan aturan yang meringankan penduduk, membangun jalan dan peraiaran, bahkan Asoka secara khusus menunjuk pejabat supaya beribadah kepada tuhan dan mengembangkan semangat hidup berbaik-baik sesame manusia. Semua agama mendapatkan tempat yang sama di kerajaannya., walaupun begitu agama Budha tetap menjadi agama resmi, utusan-utusan budha di kirim ke luar negeri dan misi mereka mencapai sukses besar di Srilangka.

Asoka memerintahkan mencatatan kehidupan dan langkah kebijaksanaannya yang ditulis di tiang-tiang atau batu-batu karang yang tersebar di eluruh negeri.  Setelah dia meninggal kerajaannya menjadi berantakan dan tidakpernah bias bangkit kembali.

2 comments:

wah, info keren nih.. saya baru tau :)

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |