. Alexander Yang Agung (356-323 SM) | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Sunday, December 25, 2011

Alexander Yang Agung (356-323 SM)

Alexander Yang agung, penakluk tesohor dilahirkan di Pello tahun 356 SM, ibukota Macedonia,  ayahnya raja Philip II. Ketiaka ayahnyameninggal dia menginjak 20 tahun dan tanpa kesulitan dia naik tahta emnggantikan ayahnya, walaupun masih muda dia telahmempunyai pengetahuan dan pengalaman militer yang lumayan. Ayahnya menyediakan seorang guru yang  mungkin paling cendikiawan dan filosofnya termasyur yaitu Aistoteles.

Setelah dia naik tahta dia memulai serang pertamanya ke Persia 334 SM dan dia mencapai kemenangan, ada tiga factor yang menjadi sebabkemenanganya yaitu ayahnya Philip IIeninggalkan pasukan yang benar-benar terorganisir dengan baik dan terlatih, Alexander merupakan panglima perang yang genius dan keberanian Alexander.

Perjalanan perangnya mulai dari Asia kecil – ke utara menuju Suriah – Issus – ke arah selatan  menuju Pulau Phoenidia Tyre yang kini bernama Libanon –Gaza – Mesir – waktu itu umurnya telah menginjak 24 tahun, dia diberi anugerah gelar Firaun dan dinobatkan sebagai Dewa di Mesir – kembali ke daratana Asia –Arbela tahun 331 SM –Kota Persia –Suso – Persepolis – Afganistan – bagian barat India, dia kembali de Persia untuk istiahat.
Wilayah penaklukkan Alexander

Di Persia dia menikah dengan putrid Darius raja Persia. Dia ingin sekalimeneruskan pertempurannya, namun di awal Junitahun323 SM tatkala Alexander berada di Babylon dia terserang demam dann meningal 10 hari kemudian. Saat umurnya belum mencapai30 tahun.

Alexander merupakan seorang pendekardan penakluk terbesar sepanjang zaman. Selain itu dia seorang intelektual tapi dia sedikit toledor karena tidak memepersiapkan pengantinya. Dia seorang rupawan, murah hati terhadap lawannya, egomaniac  dan bertabiat tajam. Dalam jangka panjang pengaruh penaklukkannya adalan menyaukan kebudayaan barat dan timur. Dia telah mendirikan lebih dari 21 kota baru. Yang paling terkenal adalah Alexandria (Iskandariah) di Mesir yang akhirnya menjadi pusat kota dan budaya serata pendidikan, lainnya sepeti Heart dan Kandahan di Afganistan juga manjadi kota-kota penting.

0 comments:

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |