. Mohandas Gandhi (1869-1948) | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Tuesday, November 15, 2011

Mohandas Gandhi (1869-1948)


Sedudah cina, Indialah negeri yang penduduknya terbanyak di dunia, bagaikan bintang-gemintang yang berserakan di langit lazuardi. Dangsa yang begitu besar hidup berkaparan di bawah pijakan sepatu lars Inggris yang sambil isap cerutu melecut punggung India dan merampok kekayaan buminya. Bukankah Engels pernah menyindir “Jika Inggris menyebut-nyebut demi Yesus Kristus di India” yang dimaksud sebenarnya adalah sebetulnya adalan Yesus Kristus “Kapas”.

Mohandas K Gandhi seorang yang berdiri paling depan dalam gerakan untuk kemerdekaan India. Walau bagaimana pun kemerdekaan India dari Inggris akan dating dengan “sendirinya” cepat atupun lambat. Sebab nyatanya kekuatan tertentu dari dorongan sejarah cenderung mengarah ke dekolonisasi, yang bisa disaksikan sekarang bahwa kemerdekaan India sudah pasti terlaksana, bahakan andaikata Gandhi tak pernah hidup di dunia ini.

Cara Gandhi menjalankan pembangkangan social tanpa kekerasan akhirnya berhasil “membujuk Inggris angkat kaki” dari negeri itu. Tapi, kalaulah jalan kekerasan yang ditempuh, India juga akan merdeka jugacepat at lambat. Gandhi bukanlah pendiri gerakan Kemerdekaan India (Kongres Nasional India sudah berdiri sejak tahun 1885) dan dia juga bukan merupakan tokoh politik paling penting pada saat kemerdekaan itu diperoleh.

Arti penting Gandhi terletak pada anjurannya “tanpa kekerasan” (gagasan ini dia dapatkan dari bacaannya tulisan-tulisan Thoreau, Tolstoy dan perjanjian Baru, serta berbagai tulisan-tulisan pemuka agama Hindu).

Antara tahun 1945-1955 tekninya dipergunakan untuk membujuk Portugis supaya angkat kaki dari Goa, anjuran ini tidak memenuhi sasaran karena beberapa tahun kemudian pemerintah India meringkusnya dengan kekuatan senjata. Tambah pula, India terlibat perang tiga kali dengan Pakistan dan perang perbatasan dengan Cina. Tapi walapun demikian Gandhi layak termasuk pada kelompok “Orang-orang terhormat” .

2 comments:

nice share post about Mahatma Ghandi, i like it :)

mahatma ghandi sama mahandas k ghandi.....

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |