. MARIE CURIE (1867-1934) | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Thursday, November 10, 2011

MARIE CURIE (1867-1934)

Marie Curie

Marie Curie and Pierre Curie



Nama asli Merie Curie adalah Maria Sklodowska, dia merupakan salah satu wanita yang melakukan penyelidikan ilmiah yang berkualitas tinggi masa itu. Dia bersama suaminya Pierre Curie telah menemukan radio aktif yang dijulukinya “Polonium” yang diambil dari nama negeri aslnya yaitu Polandia. Walapun karyanya mengagumkan namun tidaklah mempunyai arti penting yang menonjol dalamteory ilmiah. Tapi sesungguhnya radio aktif telah ditemukan Antoine Henri Becquerel. Hasil karya Merie yang mengesankan adalah penemuan dan pemisahan elemen kimia radium.


Marie Curie, Pierre Curie dan Antoine Henri Becquerel


Tahun 1903, Marie Curie, Pierre Curie dan Antoine Henri Becquerel secara bersama-sama memperoleh hadiah Nobel untuk bidang fisika. Tahun 1911 mendapatkan Nobel kali ini dalam bidang kimia, ini membuatnya orang yang pertama kali ang memperoleh Hadiah Nobel dua kali.



Merie and kedua putrinya (Irene &Eve)
Menariknya Marie mempunyai dua Orang Puteri ketika dia menyelesaikan penyelidikan ilmiah paling pentingnya. Puteri tertuanya Irene, juga menjadi iluah yang berhasil gemilang. Irene menikah dengan pria yang juga ilmuan berbakat yaitu Jean Frederic Joliot. Irene dan Jean bersama-sama menemukan radio aktif buatan (artificial). Untuk penemuan ini (yang bias dianggap “keturunan” dari penemuan radio aktif alamiah) menyebabkan Joliot dan Curie membagi hadiah nobel tahun 1935.

Puteri kedua Marie yaitu Eve, dia menjadi musikus dan pengarang terkenal, betul-betul seluarga luar biasa. Marie meninggal tahun 1934, dikarenakan leukemia. Besar kemungkinan akibat berulang-kalinya berhadapan dengan benda-benda yang mengandung radio aktif.

4 comments:

wah!!! best blog ni banyak info berguna...

kupas dong penemu penemu dari negeri sendiri :0 pasti asik

klo dari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi semua penemu berasal dari bangsa barat. coz sebelum indonesia berkembang, bangsa barat sudah jauh lebih maju dan berkembang di segala bidang.
klo indonesia saya juga bingung, apa yang sudah ditemukan oleh orang indonesia.

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |