. Awas, Virus menyebar di Facebook | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Sunday, November 27, 2011

Awas, Virus menyebar di Facebook

Jutaan pengguna facebook di Indonesia saat ini di hebohkan oleh datangnya undangan berisi link atau tautan yang beralamatkan di bit.ly untuk membuka sebuah pic atau video. Judulnya begitu banyak. Namun, ketika tautan tersebut dibuka, bukannya bisa menyimak isi tautan tersebut seperti yang dimaksud pada judulnya, namun yang terjadi adalah penyebaran virus.

Hai-hati semua ini hanyalah trik orang yang iseng untuk menfaatkan akun facebook sobat. Bahkan virus inipun bisa menyebar sendiri sepengetahuan pemilik facebook di karenakan Laptop/PC yang dia gunakan mengandung virus.

Salah satu contoh tautan/link virus McD
Ada juga virus yang dapat mencuri data anda yang berhubungan dengan McDonald, dia mempunyai judul yang banyak sekali seperti The Truth Behind McDonald, Shocking McDonald Video dan masih banyak judul lain yang menarik perhatian. Jika pelaku penyebar virus ini jahat, maka akun anda bisa dipakai untuk bermacam-macam penemuan lewat FB. Sebanarnya virus ini sudah lama menyebar dan jarang sekali di temukaa di FB sekarang ini, yang banyak menyebar adalah sebuah link/ tautan yang berisi sebuat gambar.

Sebenarnya apa itu virus Mcd? Graham Cluley dari perusahaan keamanan internet dan computer Sophos mengingatkan, sebenarnya penyebaran virus ini sudah ada sejak Agustus 2010 di luar negeri. Menurutnya pelaku selalu mengubah judul, tetapi semuanya berkaitan dengan McD. Walapun begitu judul tersebut bisa saja diganti dengan judul menarik apapun. FB pun sudah dihubungi untuk mencegah penyebarannya. Namun, virus itu rupanya masih bisa bocor hingga ke pengguna Indonesia.

Bagaimana sang pelaku mencuri data FB sobat? Caranya yaitu undangan itu menyertakan tautan ke alamat situs dengan iming-iming video berisi informasi aneh tentang McD. Begitu tautan tersebut sobat klik akan muncul aplikasi FB dengan nama “Worst McD’s Customer”. Untuk dapat membuka video halaman tersebut meminta izin anda untuk mengakses indentitas, posting di wall, akses data kapan saja, akses ke informasi kontak, bahkan mengatur halam di FB. Jika pilihan allow yang anda klik, boro-boro dapat video yang diharapkan. Aplikasi tersebut malah secara otomatis mengirim undangan  yang sama ke semua teman anda, bayangkan saja kalau semua diizinkan oleh pengguna dan dimanfaatkan olel pelaku halaman FB anda akan di acak-acak.
Jika terdapat undangan dengan judul Mcd dan sejenisnya sebaiknya abaikan saja. Kalau ragu-ragu cek informasi apa saja yang mereka inginkan. Jika berlebihan maka tinggalkan tautan tersebut. Jangan gadaikan keinginan sobat untuk melihat video yang aneh-aneh dengan mengorbankan semua akses ke akun FB sobat ke orang lain.

Bagaimana jika sobat terlajur terkena jebakan tersebut? Tenang saja masih ada cara untuk mengoptimalkan. Menurut Cluley hapus semua referensi yang mengarah ke tautan tersebut, baik di status maupun setting aplikasi. Pastikan tidak ada bagian FB anda yang mengarah ke tautan tersebut.

11 comments:

Informasi yang sangat berguna. kalau yang bermodus url gambar sering gan..
thanks infonya gan

untung ane dah kaga maen fb lagi, thanx for share sob

Informasi yang bermanfaat sobat.Saya sering melihatnya di tautan teman2 di Fb

makin banyak aja virus di dunia ini.

keren infonya....
pantesan ja kadang da yg ngajak chat tapi cuma link.....

infonya bermanfaat bgt...
pantesan ja srg da chat tapi isinya cuma link aja...

sya dapatnya yg link2 gambar itu.
syukurnya sya termsuk org yg malas aktifin chat fb.
setidaknya bisa meminimalisir penyebaran.

Cara penyebaran virus ini ialah dengan mengirim chat berisi link biasanya plus icon. Tidak masalah selama tidak di klik dan di allow, namun agar penyebarannya bisa di minimalsir sebaiknya info kan teman-teman terutama jika akun anda sudah kena agar tidak mengklik link yang mencurigakan yang muncul di menu chat.

Ada beberapa tips lain untuk mencegah penyebaran virus ini so silahkan mampir yah..

wah nice post sob... mantap... thanks for share sob... happy blogging... :)

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |