. DISTRIBUSI FREKUENSI | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Saturday, August 13, 2011

DISTRIBUSI FREKUENSI

1.      Pengertian
a.      Variabel
Kata variable berasal dari bahasa Inggris, variable yang berarti “ubahan”, faktor tak tetap akan gejala yang akan berubah-ubah.

b.      Frekuensi
Dalam bahasa Inggrisnya, frekuensi adalah frequency berarti kekerapan, keseringan atau jarang-kerapnya. Dalam statistic berarti angka yang menunjukkan berapa kali suatu variable (yang dilambangkan dengan angka-angka itu) berulang dalam deretan angka tersebut.

c.       Distribusi Frekuensi
Distribusi berarti penyaluran, pembagian atau pencarah. Jadi frekuensi distribusi frekuensi pencerahan frekuensi. Dalm statistic berarti suatu keadaan yang menggambarkan bagaimana frekuensi dari gejala atau variable yang dikembangkan dengan angka itu, telah tersalur, terbagi atau terpancar.

2.      Tabel Distribusi Frekuensi
a.      Pengertian Distribusi frekuensi
Tabel adalah alat penyajian data statistic yang berbentuk (dituangkan dalam bentuk) kolom dan jalur. Jadi, tabel distribusi frekuensi adalah alat penyajian data statistic yang berbentuk kolom dan jalur yang di dalamnya dimuat angka yang dapat melukiskan atau menggambarkan pencaran atau pembagian frekuensi dari variable yang sedang menjadi objek penelitian.

b.      Macam-macam tabel distribusi frekuensi
1)   Tabel distribusi frekuensi data tunggal adalah salah satu jenis tabel statistic yang di dalmnya disajikan frekuensi dari data angka, dimana angka yang ada tidak dikelompokkan.
2)      Tabel distribusi frekuensi data kelompok adalah salah satu jenis tabel statistic yang di dalamnya disajikan pencaran frekuensi dari data angka, dimana angka-angka tersebut dikelompokkan.
3)  Tabel distribusi frekuensi kumulatif adalah salah satu jenis tabel statistic yang di dalamnya disajikan frekuensi yang dihitung terus meningkat atau selalu ditambah-tambahkan baik dari bawah ke atas mauapun dari atas ke bawah. Tabel distribusi frekuensi kumulatif ada dua yaitu tabel distribusi frekuensi kumulatif data tunggal dan kelompok.
4)      Tabel distribusi frekuensi relatif
5)    Tabel ini juga dinamakan tabel persentase, dikatakan “frekunesi relatif” sebab frekuensi yang disajikan disini bukanlah frekuensi yang sebenarnya, melainkan frekuensi yang ditungkan dalam bentuk angka persenan.

      Langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi , dapat di download di sini

2 comments:

sangat bermanfaat

Sipz... klo gtu...

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |