. Shih Huang Ti ( 259 – 210 SM) | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Monday, January 2, 2012

Shih Huang Ti ( 259 – 210 SM)

Kaisar Cina yang besar Shih Haung Ti dari tahun 238 – 210 SM menyatukan Cina dengan kekuatan senjata dan meletakkan dasar perombakan=perombakan. Perombakan ini merupakan factor utama dalam penyatuan kultur Tiongkok hingga kini.

Shih Huang Ti juga terkenal dengan julukan Chi’in Shih Huang TI. Dilahirkan tahun 259 SM dan wafat tahun 210 SM. Dia lahir dipenghujung tahun dinasti Chou yang didirkan sekitar tahun 1100 SM. Berabad sebelum masanya, dinasti Chou sudah kehilangan keampuhannya selaku penguasa dan Cina terpecah menjadi banyak sekali Negara-negara Feodal.

Berbagai raja-raja feudal tak henti-hentinya bertempur dan lambat laun beberapa penguasa kecil lenyap, sehingga akhirnya kepemimpinan Ch’in lah yang menjadi kerajaan terkuat di Cina pada saat Cheng memipin kerajaan tersebut. Secara simbolis Cheng naik tahta pada tahun 246 SM umur 13 tahun, tapi untuk memegang pemerintahan Cheng sudah cukup dewasa pada tahun 238 SM. Cheng mengangkat jendarl-jendarl yang berkemampuan dan dengan semakan berkorbar menggayang negeri-negeri feudal yang masih tinggal. Negeri feudal terakhir runtuh tahun221 SM dan setelah itu dia memproklamirkan diri selaku Wang (raja) seluruh Cina. Sekedar memberi bobot untuk memutus dengan masa lampau maka dia memakai gelar baru yakni Shih Huang Ti yang maknanya “Kaisar Perama”.

Dia mulai melakukan perubahan-perubahan yakni menghapus sema system pemerintahan feudal, wilayah yang dikuasainya terdiri dari 36 provinsi dan pada tap provinsi diangkat seorang Gubernur sipil yang langsung ditunjuk oleh Kaisar. Shih Huang Ti mengeluarkan dekrit bahwa Gubernr Provinsi tidak lagi berdasarkan keturunan, sehingga akibat dekrit ini maka terjadilah kebiasaan memindah-mindahkan gubernur dari satu provinsi ke provinsi lain untuk mencegah kemugkinan timbulnya pejabat daerah yang ambisius dan menyusun basis kekuatan untuk kepentingan dirinya sendiri. Tiap rpopinsi juga mempunyai pemimpin militer, ditunjuk oleh kaisar dan dapat dipindah-pindahkan seperti gubernur, di sampi itu ditunjuk pula pihak ketga untuk memlihara keseimbangan antara gubernur sipil dan militer. Dia membangun jalan raya yang panjang dan rapi menghubungkan ibukota dengan kota-kota propinsi. Bagi aristocrat-aristokrat lam yang masih hidup harus menetap di ibukota Hsieng agar mereka mudah diawasi.

Selain militer dan politik, da juga menentukan norma-norma ukuran ekonomi baik untuk timbangan maupun panjang suatu barang, dia menetapkan standar mata uang, macam-macam peralatan, lebar suatu panjang kedaraan dan mengawasi konstruksi jalan raya dan saluran-saluran air dan menetapkan system hokum yang seragam untuk seluruh Cina  serta standar bahasa tulisan.

Tembok Besar Cina
Perbuatannya yang pali termasyur yakni membakar semua buku di Cina kecuali buku pertanian, kedokteran, catatan sejarah mengenai negeri Ch’in dan buku-buku falsafah yang ditulis oleh pengarang penganut faham legalis. Ini merupakan contoh peratama adanya sensor besar-besaran dalam sejarah. Dia bermaksud melabrak habis filosof lawannya khususnya faham Kong Hu-Cu, tapi dia mengopi buku yang dilarang sebelum dimusnahkan dan di simpan di perpustakaan di ibukota.

Pasukan Tentara Cotta di dekat Xi'an di Cina
Politik luar negerinya yakni melakukan penaklukkan di bagian selatan Cina, barat dan utara Cina, untuk mencegah jangan sampai mereka menyerang Cina Shih Huang Ti dia membangun tebok besar Cina, yang masih utuh hingga kini.  Konstruksi proek ini mengakibatkan pertempuran dengan pihak luar karena membenankan pajak yang tinggi. Serangkaian perbuatan dilakukan orang untuk berusaha membunuhnya tidak berhasi. Dia meninggal secara wajar pada tahun 210 SM.



1 comments:

It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |