. Transfer Antarbank yang Beresiko | Catatan Si Virgo Girl

 Subscribe in a reader

Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini

Monday, March 26, 2012

Transfer Antarbank yang Beresiko

Salah satu hal yang ditakuti orang saat belanja adalah masalah pembayaran. Pada dasarnya transaksi online memang sedikit memberatkan pembeli jika dibandingkan penjual. Kerugian atau penipuan di dalam belanja online pada umumnya lebih merugikan pembeli dari pada penjual.

Hal ini di karenakan dalam transaksi jenis ini pembeli lebih dulu memberikan pembeyaran sebagai tanda komitmen atas pembelian barang dan penjual baru setelah itu mengirimkan barang atau jasanya sebagai balasan. Untuk menghindari ketidaknyamanan saat pembeyaran online ini IndoBuyOnline sedikit memberi tips kepada para shopper online yang sekiranya dapat membantu.

1.      Apabila penjual tidak memiliki rekening bank yang anda punyai jangan segan untuk bertanya apakah penjual memiliki rekening di bank tersebut hanya saja penjual menggunakannya untuk hal personal sehingga tidak mencantumkannya di online shopnya.

2.      Hindari transaksi via antar bank apabila memungkinkan (contohnya : Mandiri ke BCA) kecuali anda sadar akan resiko uang tersebut baru akan sampai ke tangan penjual satu hingga tiga hari setelahnya. Jadi jangan salahkan penjual apabila beru memberikan tanda konformasi uang terima tiga hari setelahnya dan pastikan anda memberi tahu penjual kalau anda melakukan transaksi antar bank untuk menghindari kesalah pahaman dari pihak penjual.

3.      Apabila bank yang dimiliki penjual tidak anda punyai dan penjual tidak bersedia/ tidak bisa memberikan rekening bank lainnya coba mencari info affiliasi bank penjual karena di Indonesia banyak bank yang berafiliasi. Umumnya hampir semua bank di Indonesia berafiliasi antara dengan BCA atau Mandiri.

4.      Khusus untuk transaksi via bank BCA setelah jam 22.00 wib sering kali baru akan muncul di rekening hari besoknya setelah jam 10.00 wib karena BCA tidak memperbaharui database e-banking nya setelah jam 22.00 wib, hal ini sering kali menjadi kesalahpahaman antara pembeli-penjual yang tidak mengetahui fakta ini.

5.      Lakukan double verifikasi nama penerima setoran rekening apakah memiliki nama yang sama dengan pemilik Online Shop. Apabila nama penerima setoran memiliki nama yang berbeda dengan data Online Shop itu pastikan anda melakukan verifikasi silang untuk mencegah kesalahan transfer kepada pihak lain seperti hacker, cracker penipuan internet. Tidak jarang sekarang banyak hacker yang mengincar account facebook/friendster/multiply/blogspot para pemilik toko online.

15 comments:

info yang bermanfaat, terima kasih...

salam kenal..informasinya sangat baerguna untuk saya..thanks..

came here today!

Informasi yang sangat membantu sobat recha

lama tidak singgah disini

Happy blogging sobat

postingan anda sangat bagus,,,

makasih infonya ya...:)

makasih infonya...tetap semangat ya

Betul banget mba, apalagi kalo tranfres via atm lain bank, ada aja masalahnya

hmm , iya saya sbgai penjual online jga sering merasa di rugikan

makasih infonya mba, memang benar sekrang ga bisa bedain mana yg jujur dan engga

infonya berguna sangat mba

 

My Followers

Page Like

Copyright© 2011 Catatan Si Virgo Girl | Template Blogger Designer by : Utta' |